Minggu, 25 Maret 2018

Bunyi



BUNYI 

Bunyi itu merupakan gelombang longitudinal dimana merupakan gelombang mekanik yang perambatannya itu arahnya sejajar dengan arah getarnya.
Gelombang adalah getaran yang merambat. Dan Gelombang Longitudinal itu adalah gelombang yang memiliki arah getaran yang sama dengan arah rambatan.
Syarat terjadinya bunyi itu yah harus ada benda yang bergetar ato yang bisa kenal dengan sumber bunyi, harus ada medium atau perantara dan harus ada pendengar.
Untuk macam-macam bunyi yang berdasarkan frekuensinya itu dibagi menjadi 3 bagian, meliputi Gelombang Infrasonic, Gelombang Audiosonik, dan Gelombang Ultrasonik.
Gelombang Infrasonik itu bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hertz. Bunyi ini hanya bisa didengar oleh Hewan, tapi tidak semua jenis hewan yang bisa mendengar bunyi ini. Contoh hewan yang bisa dengar bunyi gelombang infrasonic seperti jangkrik, anjing,
Gelombang Audisonik itu bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 sampe 20.000 Hertz. Nah bunyi ini bisa didengar manusia.
Gelombang ultrasonic adalah bunyi yang memiliki frekuensi diatas 20.000 Hertz. Bunyi ini bisa didengar oleh hewan seperti lumba-lumba, anjing, kelelawar.
Untuk rumus cepat rambat bunyi yaitu V = s/t
Ket :
V : cepat rambat gelombang bunyi (m/s)
S : jarak yang ditempuh
T : waktu tempuh (s)
Gelombang bunyi inilah yang dimanfaatkan manusia untuk berbagai kepentingan manusia dimana tujuannya untuk mempermudah hidup dan pekerjaan manusia. Dan ini beberapa manfaat yang dirasakan dan kita temui sehari-hari.
Gelombang ultrasonic :
*dalam dunia kesehatan : Untuk mendeteksi janin ato yang kita kenal dengan sebutan USG kalo ada ibu hamil. USG sendiri kepanjangannya Ultrasonografi.
*dalam dunia industry biasanya menggunakan bor-bor ultrasonic yang dimanfaatkan untuk membuat berbagai bentuk dan ukuran lubang pada gelas dan baja.
*Untuk mengukur kedalaman laut dan lokasi objek dalam air
*Ahli geologi dan geofisika memanfaatkan bunyi ini untuk membantu mencari sumber bahan bakar fosil baru.
*kacamata Tunanetra yang dilengkapi alat pengirim dan penerima yang memanfaatkan ultrasonic.
*mendeteksi retak-retak dalam struktur logam atau beton
Gelombang Audiosonic :
*dimanfaatkan untuk membuat speaker yang sekarang ini masih menjadi trend—mini speakers
Untuk cepat rambat bunyi, contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
*nelayan yang memanfaatkan cepat rambat bunyi ini untuk mengetahui siang dan malam.
*pada malam hari kita mendengar suara lebih jelas daripada siang hari yang kita kenal siang hari itu bising banget. Kenapa? Karena kerapatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan dengan siang hari.
Untuk resonansi bunyi dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan memanfatkan resonansi pada alat music seperti kendang, drum, beduk, seruling, terompet, etc.
sumber : https://www.kompasiana.com/ahwal/macam-macam-bunyi-berdasarkan-frekuensi_552c93f66ea83453718b4576
sumber : https://www.youtube.com/watch?v=_6Ga-yz8HX8

0 komentar:

Posting Komentar

 

sainsblog13 Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang