Senin, 09 Oktober 2017

Gangguan / Kelainan pada Sistem Peredaran Darah dan Upaya untuk Mencegah Serta Menanggulanginya



IV. Gangguan / Kelainan pada Sistem Peredaran Darah dan Upaya untuk Mencegah Serta Menanggulanginya

Standard


Berikut adalah beberapa kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah manusia:

  1. 1.    ANEMIA
Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin dan sel darah merah.Kurangnya Hb dapat disebabkan kurangnya makan makanan yang mengandung zat besi, contoh: sayuran hijau, hati, daging, dan sayuran hijau.Kurangnya sel darah merah dapat disebabkan oleh Plasmodium (penyebab penyakit malaria) yang memakan sel darah merah.
Penyebab anemia:
Tubuh kekurangan Hb dan sel darah merah, faktor keturunan, menstruasi, kehamilan, kondisi seperti kanker, gagal ginjal, atau kegagalan hati,  dan rendahnya asupan gizi serta makanan.
Akibat anemia:
Anemia menyebabkan tubuh kekurangan oksigen sehingga tubuh terasa lesu, kepala pusing, muka pucat, kelopak mata pucat, sering kelelahan, sering mual, ujung jari pucat, sering sesak napas, denyut jantung tidak teratur, rambut rontok, dan menurunnya kekebalan tubuh.
Pencegahan dan penanganan anemia:
Banyak makan makanan yang mengandung zat besi, banyak makan makanan yang membantu penyerapan zat besi (tomat, pisang, pepaya, dll), mengurangi minuman yang memperlambat penyerapan zat besi (kopi, teh, anggur merah), dan rajin memeriksa kondisi kesehatan.
Penderita dapat diberikan suplemen zat besi, banyak makan sayuran hijau, jika sudah parah dapat dilakukan transfusi darah.

  1. 2.    THALASEMIA
Thalasemia adalah penyakit anemia yang diturunkan, sering terdapat pada bayi dan anak-anak. Thalasemia bukan merupakan penyakit menular.
Thalasemia dibagi 2: thalasemia mayor dan thalasemia minor.
  • Thalasemia mayor:
Gejalanya: pucat, perut membesar disebabkan pembesaran hati dan limpa, kulit kehitaman, tulang rapuh, dan mudah patah.
Thalasemia mayor diturunkan dari orangtua yang keduanya membawa gen thalasemia.
Penanganan:
Melakukan transfusi darah seumur hidup, memantau fungsi jantung, paru-paru, dan  pankreas, serta transplantasi sumsum tulang belakang agar thalasemia mayor menjadi thalasemia minor.
  • Thalasemia minor terjadi tanpa ada gejala. Namun, bila dicek darah, akan menunjukkan bahwa penderita kekurangan Hb dan ukuran sel darah merah kecil.
Penanganan:
Salah satu penanganannya adalah melakukan transfusi darah seumur hidup pada kondisi tertentu.
Penyebab thalasemia:
Rusaknya gen pembentuk hemoglobin (Hb).
Akibat thalasemia:
Ditandai dengan bentuk sel darah merah yang tidak beraturan (disebabkan kegagalan pembentukan Hb) sehingga daya ikat sel darah merah terhadap O2 dan CO2kurang. Pada penderita thalasemia, sel darah merah mudah rusak dan umurnya lebih pendek dari umur eritrosit normal (120 hari). Penderita thalasemia mengalami gejala yang mirip penderita anemia.
Pencegahan dan penanganan thalasemia:
Thalasemia belum ada obatnya. Sebagai penanganan, dapat dilakukan transfusi darah (2 minggu sekali) untuk menjaga agar kadar Hb dalam tubuh + 12 gr/dL, menghindari makanan yang diasinkan atau diasamkan, serta terapi gen.

  1. 3.    SERANGAN JANTUNG
Serangan jantung adalah kondisi terhentinya aliran darah ke jantung, meskipun hanya sesaat, yang mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati.
Penyebab serangan jantung:
Dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, rokok, diabetes, kegemukan, dan kurang olahraga. Kolesterol tinggi dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga suplai oksigen ke jantung terhambat.
Akibat serangan jantung:
Penderita mengalami sakit dada, gelisah, pucat, kulit terasa dingin, sesak napas, dan mudah lelah.Serangan jantung yang hebat dan tidak mendapat pertolongan secepatnya dapat menimbulkan gagalnya jantung memompa darah yang bisa menyebabkan kematian.
Pencegahan dan penanganan serangan jantung:
Menghindari hal-hal yang dapat merusak pembuluh jantung (kolesterol berlebihan, lemak berlebihan, dll), tidak merokok, berolahraga dengan teratur, memiliki pola hidup sehat, hindari stres berlebihan, mengurangi berat badan berlebih, tidak minum alkohol, dan istirahat yang cukup.
Penderita serangan jantung dapat mengonsumsi makanan rendah lemak, tidak mengonsumsi karbohidrat berlebihan, dan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

  1. 4.    VARISES
Varises adalah pelebaran pembuluh vena terutama di bagian kaki dan betis.
Penyebab varises:
Adanya penyumbatan darah di vena, sehingga vena melebar dan terlihat menonjol. Varises dapat disebabkan oleh cacat/kerusakan pada vena sejak lahir, kelebihan berat badan, rusaknya katup vena, berkurangnya elastisitas dinding vena, sering memakai pakaian ketat, terlalu banyak berdiri, kehamilan, sering memakai sepatu hak tinggi, dan merokok.
Akibat varises:
Varises menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar karena terhambat di sekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat tubuh.
Pencegahan dan penanganan varises:
Jangan berdiri terlalu lama, olahraga rutin, konsumsi makanan berserat tinggi yang dapat merangsang sirkulasi darah (bawang merah, bawang putih, dll), kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan, dan protein hewani, serta sering-sering duduk berselonjor kaki.
Penderita varises, sebaiknya menggerak-gerakan kaki sesering mungkin. Varises yang sudah parah, perlu dilakukan operasi.

  1. 5.    AMBEIEN/WASIR/HEMOLOID
Ambeien adalah varises yang terjadi di dekat anus.
Penyebab ambeien:
Pelebaran vena di dekat anus, faktor keturunan, kehamilan, sembelit yang menahun, sering mengejan, penyakit kanker dubur dan radang dubur, terlalu banyak duduk, dan diare menahun.
Akibat ambeien:
Kesulitan BAB dan BAB yang disertai perdarahan.
Pencegahan dan penanganan ambeien:
Konsumsi makanan berserat dengan jumlah yang cukup, minum yang cukup, rajin olahraga, hindari makanan pedas (terutama kambing, goreng-gorengan, dan durian), jangan duduk terlalu lama, hindari mengejan saat BAB.
Penderita dapat menggunakan obat-obatan untuk menyembuhkan ambeien, dan banyak makan makanan berserat untuk melancarkan BAB.

  1. 6.    TEKANAN DARAH RENDAH (HIPOTENSI)
Hipotensi adalah keadaan tekanan darah dibawah normal (tekanan darah sistolik < 120 mmHg dan diastolik < 80 mmHg).
Penyebab hipotensi:
Terlalu banyak minum obat penurun tekanan darah, muntaber, dan kurangnya pemompaan darah di jantung.
Akibat hipotensi:
Penderita lesu, pusing, dan gangguan penglihatan, bahkan sampai pingsan.
Pencegahan dan penanganan hipotensi:
Makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, selalu sarapan sebelum beraktivitas, mengonsumsi makanan yang mengandung garam untuk meningkatkan tekanan darah, minum yang cukup, olahraga teratur, dan minum vitamin bila perlu.
Penderita hipotensi dapat diberikan obat-obatan untuk meningkatkan tekanan darah.

  1. 7.    TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI)
Hipertensi adalah keadaan tekanan darah yang melebihi normal (tekanan darah sistolik 140-200 mmHg atau lebih, dan diastolik 90-110 mmHg atau lebih). Jantung penderita bekerja lebih keras bahkan dapat memecahkan pembuluh darah.
Penyebab hipertensi:
Nikotin pada rokok, faktor keturunan, stres, kelebihan berat badan, kelebihan garam, kurang olahraga, kelebihan obat-obatan, peminum minuman beralkohol, umur, kegemukan, dan keturunan.
Akibat hipertensi:
Penderita mengalami sakit kepala, napas pendek, dan penglihatan kaburJika tidak ditangani tepat waktu, hipertensi menyebabkan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung lainnya (stroke, pecahnya pembuluh darah jantung, atau pecahnya pembuluh darah retina). Penyakit ini dapat memicu penyakit jantung dan stroke.
Pencegahan dan penanganan hipertensi:
Tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, diet rendah garam dan rendah lemak, olahraga teratur, dan istirahat bila lelah/tegang.
Hipertensi tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikontrol dengan pola hidup sehat, seperti cara-cara pencegahan tadi, penderita juga dapat menggunakan obat penurun tekanan darah sesuai dengan resep dokter, dan membatasi konsumsi kafein.

  1. 8.    STROKE
Stroke adalah penyakit yang terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah otak.
Penyebab stroke:
Stroke terjadi jika suplai darah ke otak terhenti akibat ada penyumbatan pembuluh darah di otak atau pecahnya pembuluh darah yang menuju otak. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak.
Akibat stroke:
Kematian jaringan/sel saraf di otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Penderita biasanya mengalami kelumpuhan di anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. Gejala awalnya adalah mati rasa pada beberapa bagian tubuh, rasa bingung mendadak, sulit bicara, mendadak sulit berjalan, mendadak sakit kepala, dan rasa pingsan mendadak.
Pencegahan dan penanganan stroke:
Tidak merokok, periksakan tensi darah secara rutin, kendalikan stres, makan makanan sehat, kurangi garam, pantau berat badan, rajin olahraga, dan mengurangi alkohol.
Dokter dapat memberikan obat pencegah penggumpalan darah pada penderita stroke. Aspirin adalah salah satu obat yang paling banyak diberikan pada penderita pasca-stroke.

  1. 9.    LEUKIMIA (KANKER DARAH)
Leukimia adalah penyakit bertambahnya sel darah putih (leukosit) yang tidak terkendali, akibat kanker jaringan penghasil sel-sel darah putih.
Penyebab leukimia:
Jaringan yang seharusnya membentuk sel darah merah (eritrosit) justru membentuk sel darah putih (leukosit). Jumlah sel darah putih akan melebihi normal, sedangkan jumlah sel darah merah menurun. Banyaknya sel darah putih ini menyebabkan sel darah putih menjadi ganas dan dapat memakan sel darah merah, sehingga penderita dapat mengalami anemia akut. Penyebab leukimia misalnya radiasi energi tinggi (nuklir dan bom atom) dan kondisi genetika.
Akibat leukimia:
Penderita mengalami demam, kedinginan, gejala seperti flu, badan lemah dan sakit kepala, sering mengalami infeksi, kehilangan berat badan, sering berkeringat, dan nyeri tulang atau sendi.
Pencegahan dan penanganan leukimia:
Jika penyebab leukimia adalah radiasi, maka pencegahan dilakukan dengan menghindari terkena radiasi tersebut.
Leukimia dapat ditangani melalui kemoterapi, terapi radiasi, terapi biologi, atau cangkok sumsum tulang belakang.

  1. 10.  HEMOFILIA
Hemofilia adalah penyakit yang menyebabkan darah sulit membeku bila luka.
Penyebab hemofilia:
Faktor keturunan.
Akibat hemofilia:
Penderita dapat kehilangan banyak darah akibat luka kecil saja.
Pencegahan dan penanganan hemofilia:
Hemofilia tidak dapat diobati, tetapi dapat dicegah. Penderita harus menghindari terjadinya pendarahan agar darah tidak mengalir terus. Anak-anak yang diimunisasi, diberikan suntikan di bawah kulit bukan ke otot-otot untuk mencegah perdarahan. Anak-anak juga harus diajarkan untuk membersihkan gigi mereka secara teratur dan mengunjungi dokter gigi untuk mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

  1. 11.  KORONARIASIS/PENYAKIT ARTERI KORONARIA
Koronariasis adalah penyempitan/penyumbatan nadi tajuk (arteri koronaria) pada jantung. Melalui nadi tajuk, jantung mendapat makanan dan O2. Nadi tajuk ukurannya kecil, sehingga bila tersumbat, denyut jantung dapat terganggu bahkan terhenti. Penyakit ini adalah salah satu penyebab kematian nomor 1 di dunia.
Penyebab koronariasis
Terbentuknya gumpalan darah pada dinding dalam nadi tajuk. Gumpalan ini disebabkan menumpuknya kolesterol dalam dinding arteri.
Akibat koronariasis:
Penderita merasa sakit di bagian dada (jantung).
Pencegahan dan penanganan koronariasis:
Rajin olahraga, hindari obesitas dan stres, tidak merokok, dan melaksanakan pola hidup sehat.
Penanganan koronariasis adalah dengan melakukan operasi.

  1. 12.  ARTERIOSKLEROSIS
Arteriosklerosis adalah pengerasan dinding arteri.
Penyebab arteriosklerosis:
Pembentukan plak yang merupakan kolesterol, kalsium (zat kapur) dan deposit lemak.
Akibat arterionsklerosis:
Menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah bahkan menghentikan aliran darah. Dinding arteri juga dapat kehilangan elastisitasnya. Penderitanya juga dapat mengalami nyeri di daerah yang terkena arteriosklerosis.
Pencegahan dan penanganan arterionsklerosis:
Jaga pola makan dengan seimbang, makan makanan yang dapat menurunkan kolesterol, rajin olahraga, kendalikan stres, jangan merokok, jaga tekanan darah, gula darah, dan berat badan pada tingkat normal, serta selalu hidup sehat.
Penderita arteriosklerosis dapat diberi obat pengencer darah. Jika hal itu tidak terlalu efektif, maka harus dilakukan operasi.

  1. 13.  TROMBUS dan EMBOLUS
Trombus adalah tersumbatnya pembuluh darah oleh bekuan darah. Trombus yang tersumbat ini mungkin saja lepas dan selanjutnya akan ikut dalam aliran darah, selanjutnya dikenal dengan nama embolus.
Penyebab trombus:
Terbentuk adalah karena ada timbunan lemak pada pembuluh darah arteri. Pada kondisi ini, darah yang mengalir akan terhambat. Seringnya mengisap rokok juga dapat menimbulkan trombus.
Embolus adalah benda asing yang tersangkut pada suatu tempat dalam sirkulasi darah. Benda ini ikut terbawa dalam aliran darah.
Penyebab embolus:
Berasal dari trombus yang lepas dari dinding pembuluh darah, lalu terbawa aliran darah, dan akhirnya dapat mengganggu sistem sirkulasi darah. Proses pembentukan embolus ini disebut embolis.
Akibat embolus:
Kematian mendadak, kematian jaringan, menimbulkan infeksi, dan pembentukan tumor ganas.
Pencegahan dan penanganan trombus dan embolus:
Penderita dapat diberi obat-obatan dosis rendah, seperti aspirin. Penderita jangan mengonsumsi obat yang dapat mempercepat pembekuan darah. Untuk mencegah trombus dan embolus, juga disarankan untuk olahraga yang teratur.

  1. 14.  ANGINA
Angina adalah nyeri dada sementara/perasaan tertekan
Penyebab angina:
Otot jantung kekurangan oksigen akibat pembuluh darah menyempit. Jika arteri menyempit, sehingga aliran darah tidak dapat memenuhi kebutuhan oksigen jantung.
Akibat angina:
Rasa nyeri pada dada penderita. Angina juga biasanya dianggap sebagai tanda akan datangnya serangan jantung. Angina biasanya berlangsung selama 10 menit. Gejala angina mirip dengan masuk angin biasa, padahal itu merupakan salah satu gejala penyakit jantung koroner. Jika tidak segera ditangani, dapat terjadi kematian pada penderita + 15-20 menit setelah serangan pertama. Penderita angina juga merasakan dada sesak, nyeri di bagian ulu hati, dan badan terasa dingin.
Pencegahan dan penanganan angina:
Penderita angina harus dibawa ke dokter sesegera mungkin.

15. KELAINAN KATUP JANTUNG
Kelainan katup jantung adalah kondisi terganggunya aliran darah dalam jantung yang disebabkan ada pengecilan katup, kebocoran katup, atau katup yang tidak menutup sempurna. Katup jantung fungsinya mengendalikan arah aliran darah dalam jantung.
Penyebab kelainan katup jantung:
Faktor bawaan sejak lahir, infeksi, dan efek samping pengobatan.
Akibat kelainan katup jantung:
Denyut nadi bergerak cepat dan kadang tidak beraturan, pembengkakan organ limpa, dan muncul bintik-bintik/ruam pada kulit. Penderita juga dapat mengalami sakit di dada, sesak napas, bahkan pingsan.
Pencegahan dan penanganan kelainan katup jantung:
Penderita kelainan katup jantung sebaiknya dilakukan operasi.

  1. 16.  TROMBOSITOPENIA
Trombositopenia adalah kelainan darah kekurangan trombosit/keping darah (<300.000) sehingga darah akan sangat lambat untuk membeku.
Trombosit adalah salah satu bagian darah, yang berfungsi untuk proses pembekuan darah, sehingga trombosit disebut juga sel sarah pembeku. Trombosit sifatnya mudah pecah jika keluar dari pembuluh darah atau tersentuh benda berpermukaan kasar.
Penyebab trombositopenia:
Penyebab yang paling umum adalah hilangnya integritas dinding pembuluh darah, sehingga memungkinkan darah keluar dari pembuluh darah. Keadaan ini paling sering disebabkan oleh cedera seperti memar. Penyebab lainnya adalah destruksi (perusakan) trombosit oleh imun tubuh karena imun menganggap trombosit yang keluar dari pembuluh darah adalah racun bagi tubuh.
Akibat trombositopenia:
Penderita mudah memar, terjadi perdarahan yang halus yang terjadi di bawah kulit, dan bila terjadi luka berdarah, darah akan sulit membeku sehingga bisa menyebabkan kehilangan cukup banyak darah oleh hanya luka kecil. Di kulit penderita juga dapat muncul bercak hitam yang diakibatkan perdarahan.
Pencegahan dan penanganan trombositopenia:
Penderita dapat diberikan obat-obatan untuk menaikkan jumlah trombosit, dibatasi gerakan fisiknya, dan dicegah terjadinya perdarahan. Penderita juga harus mengonsumsi makanan atau suplemen yang dapat meningkatkan jumlah trombosit (jus jambu biji, jus kulit manggis, jus kurma, beras merah cina, buah bit, dll).

sumber: https://raihanabila.wordpress.com/2014/01/12/kelainan-dan-penyakit-pada-sistem-peredaran-darah-manusia/

0 komentar:

Posting Komentar

 

sainsblog13 Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang